Organisasi Internasional untuk Standardisasi, yang dikenal sebagai ISO, adalah standar internasional untuk sistem manajemen untuk mengukur kualitas organisasi.
Mereka memainkan peran penting dalam mengukur kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga merupakan cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutu mereka. Mereka yang memiliki sertifikasi ISO mempunyai peluang lebih besar untuk bersaing di pasar. Karena menjamin kualitas produk dan jasa yang ditawarkan serta kepercayaan konsumen terhadap merek yang bersangkutan.
ISO dapat digambarkan seperti waralaba. Waralaba makanan yang memiliki standar jelas yang harus diikuti oleh karyawan untuk memastikan rasa yang sama di setiap cabang. Rasa suatu makanan tidak ditentukan oleh chef yang menyiapkannya.
Menerapkan ISO berarti menciptakan standar yang menjadi pedoman dalam operasional bisnis. Perusahaan-perusahaan besar lebih bergantung pada sistem daripada manusia.
Mengapa Sertifikasi ISO Penting?
Dilansir dari OSS Certification, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebuah perusahaan dengan adanya sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan tersebut.
1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan dan kepercayaan pelanggan Dengan menerapkan sistem manajemen mutu, suatu perusahaan dapat menjamin kredibilitasnya. Keandalan di sini berarti mampu mengendalikan proses dan prosedur perusahaan Anda dan dengan cepat mengidentifikasi ketika terjadi kesalahan. Pada akhirnya, keandalan ini memiliki nilai positif bagi kepuasan pelanggan.
2. Penjaminan Mutu Berdasarkan Standar Internasional Untuk memperoleh standardisasi ISO, perusahaan harus melalui siklus tertentu yang disebut PDCA. Hal ini termasuk mengidentifikasi, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan untuk menjamin kualitas internasional. Siklus atau prinsip ini merupakan prinsip internasional yang juga berlaku untuk semua industri.
3. Penghematan Biaya Standar ISO memungkinkan perusahaan menerapkan sistem manajemen spesifik yang membantu memahami kinerja perusahaan secara keseluruhan. Jika ada tanda-tanda produk gagal atau kinerja perusahaan menurun, prediksi segera dilakukan. Secara tidak langsung, hal ini juga berarti menghindari potensi pemborosan anggaran karena kualitas produk yang buruk atau kinerja yang buruk.
4. Optimalisasi Kinerja Pegawai Kembali pada prinsip manajemen mutu. Seluruh prinsip tersebut ditetapkan untuk diikuti oleh seluruh karyawan perusahaan, mulai dari level karyawan hingga level manajemen. Hal ini mendorong karyawan untuk menjaga kualitas, efisiensi, dan produktivitas dalam standar ISO yang telah ditetapkan.
5. Meningkatkan Citra Perusahaan Salah satu manfaat paling nyata dari perusahaan bersertifikasi ISO adalah citra dan merek perusahaan mereka secara alami menjadi lebih positif.
Ini semua manfaat yang bisa Anda peroleh dari sertifikasi ISO dan mengapa itu penting. Semua manfaat tersebut pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan perusahaan seiring berjalannya waktu.